Jumat, 21 Oktober 2011

Jadikan "Laskar Pelangi" buku bacaan Wajib bagi Pelajar!


membaca adalah suatu kata yang mengandung kekuatan besar, kekuatannya bukan terletak pada apa yang tersusun dari tiap hurufnya, bukan pada orang yang mengatakannya, akan tetapi terletak pada orang yang melakukannya, terletak pada orang yang tergerak untuk "MEMBACA".
tak dapat dipungkiri lagi bahwa membaca adalah suatu hal yang dapat memberikan Inspirasi, pengetahuan bahkan 'kekuatan' bagi seseorang. masih ingat dan betul-lah apa kata yang sering kita dengar "buku adalah jendela dunia". karena dari bukulah seseorangdapat tau dunia luas, disamping memang zaman sudah semakin canggih, ada elektronik, ada video, ada suara, tapi adakah yang meragukan kemampuan buku??

Tragedi nol buku!!
aku baca disebuah buku yang bagiku sangat menggugah untuk membaca, diterangkan bagaimana kejayaan umat Islam, kejayaan peradaban dunia, atau manusia-manusia yang menjadi pemimpin peradaban manusia adalah orang yang sangat dekat dengan buku, karya-karyanya, dan banyak hal lagi..
nol buku?? apa maksudnya?? ya,..! Indonesia, tanpa buku bacaan wajib, karakter bangsa.. ini dia masalahnya. orang-orang mungkin beratnya-tanya, kenapa bisa bangsa ini seperti ini, bangsa yang katanya zamrud katulistiwa, penduduknya ramah-ramah, dan penduduk dengan muslim terbesar di Dunia!!!! tapi Korupsi merajalela dimana-mana, bahkan telah mendarah daging di seluruh pelosok negri. mulai dari tingkat perwakilan rakyat sampai tingkat bawah lini masyarakat, dan mungkin sampai pada tingkatan mahasiswa dalam bentuk yang mungkin hanya sepele. 'markup proposal', serta kekayaan alam yang sungguh besar, kita relakan untuk 'disumbangkan' kepada negara-negara lain, amerika, dsb.. kenapa? apa gerangan yang terjadi??
kita sepakat, keadaan krisis multidimensional yang menggerogoti bangsa ini bukanlah krisis keuangan, bukan krisis minyak, bukan kekurangan sumber daya alam.. bukan.. semua itu hanyalah efek dari krisis yang utama, seluruh krisis itu, diakibatkan karena adanya krisis Moral, Akhlak bangsa, akhlak dari masing-masing penduduknya, penggeraknya. kurangnya perhatian akan penyebab utama krisis ini sudah pasti tidak akan bisa mengobati krisis-krisis sampingannya(moneter, politik, peradilan, sumber daya alam, dsb)..

mulai dari yang kecil, banyak sebenarnya anak-anak bangsa yang berprestasi di tingkat internasional, bersuara dan menjadi juara mengalahkan anak-anak bangsa lain. tapi mengapa keadaan kita seperti ini, mungkin tidak mudah untuk menjawabnya..

Teladan.
beberapa waktu silam, kita mengenal novel yang berhasil di-film kan "Laskar Pelangi". ya! novel yang sangat menginspirasi, dan mendapat sambutan yang luar biasa oleh bangsa ini. karena menceritakan sebuah kisah nyata, yang mungkin tidak terlalu besar, tapi sangat menyentuh, realitas keadaan. dan patut kita jadikan contoh serta tauladan.. lalu.. kenapa tidak kita jadikan saja Novel yang menggugah ini sebagai Buku bacaac wajib anak-anak SD, buku bacaan wajib anak-anak kita.. sehingga nantinya cerita ini bisa menginspirasi generasi-generasi muda bangsa untuk berkarya lebih baik.. jadikan bacaab-bacaan ini menjadi bacaan wajib.. untuk Indonesia yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar