Jumat, 21 Oktober 2011

di Suatu Pagi

dipagi hari, hari kamis kalau tidak salah.. aq sudah pergi keluar pagi-pagi untuk mencari sarapan, ya.. karena memang hari itu ada tutorial(semacam Diskusi) di kampus, jadi harus berangkat pagi dan sebelumnya sarapan, akhir-akhir ini aku mang sangat ketat dalam hal makan pagi. karena tidak ingin badanku ini jatuh sakit lagi karena makan yang tidak teratur. Setelah selesai memilih lauk dan membayar di kasir, aku pun keluar dari rumah makan. baru beberapa langkah saja keluar dari rumah makan untuk naik motorku, pandangan mataku tertuju di seberang jalan, seorang yang sedang mendorong sepedanya yang sarat akan muatan Gerabah, Disamping kanan kirnya penuh dengan gerabah yang berwarna merah, tak hanya itu di bagian depan sepeda 'ontel' itu kalau tidak saya lupa, juga ikut dimuati beberapa gerabah. dan yang membuatku tertegun adalah seorang yang mendorongnya terlihat sangat tua, dengan badannya yang kurus kering dan sudah mulai membungkuk itu, dengan perlahan ia mendorong sepedanya. entah kemana, akan tetapi sepertinya pagi itu baru akan berdagang. sejenak ku menyaksikan pemandangan ini dengan rasa yang tidak karuan. benar saja, kubandingkan dengan keadaan orang2 yang di dalam rumah makan tadi.. Astaghfirullah.. aku terdiam beberapa saat hanya menyaksikannya, entah apa yang harus aq perbuat, rasanya sungguh tak mengenakkan..
tak lama, aku kembali ke motor ku, dan pulang ke kontrakan, aku melaju dengan perlahan, tak seperti biasanya, di jalan aku masih memikirkannya. ya.. lelaki tua itu..
sesampainya di kontrakan, aq terdiam, Sungguh pemandangan yang megherankan.. entah apa namanya.. Aku terus berfikir, Ya Allah.. ternyata di dunia ini, bahkan di dekat tempat tinggalku, masih ada orang yang seperti ini, ditengah-tengah kehidupan kampus yang cukup 'wah', kuliah santai, dengan AC, baju bagus, sepatu baru.. masih ada orang yang berjualan gerabah, dengan mndorong sepedanya, sudah tua renta..
Ya Allah.. Masih berlakukah Teori Efektifitas dan Efisiensi Bagi dia???
Sungguh.. pertanyaan ini yang membuatku terus merenung.
selama ini aq belajar tentang Enterprenuer.. yang cukup menekankan tentang Efektifitas dan Efisiensi, serta hukum ekonomi yang menginginkan keuntungan besar dengan Modal yang kecil.. tapi.. metode 'Branding' yang bagus, Apakah itu semua masih berlaku bagi lelaki tua itu??
Bagaimana tidak??

kalau dibilang efektif?? apa yang dilakukan lelaki tua itu hanya dengan Berjalan, entah kemana?? dengan berjualan gerabah(yang mana Orang zaman sekarang sudah mulai meninggalkannya) adalah Branding Image yang bagus??
dikemanakan teori ekonomi itu??

Ya Allah.. Aku bersyukur kepadamu karena tersadar akan kenyataan tadi bahwa aku telah engkau beri nikmat yang banyak.

yang terpikir dibenakku saat itu adalah..
Ya Allah.. mau kemana lelaki tua ini?
berapa keuntungan yang dia dapatkan dengan harus berjalan jauh hanya untuk menjual gerabah untuk makan dia?
Apa yang ia makansehari-hari?
Bagaimana dengan Anaknya yang perlu ia Beri nafkah?
dan sedang apa anaknya sekara?

Ya Allah.. Tolonglah hambaMu ini..

Semoga bisa menjadi pelajaran.. bahwa masih banyak orang2 disekitar kita yang masih kesulitan bahkan hanya untuk makan sehari-hari... ditengah-tengah kita yang bermegahmegahan, ingin hp ini, ingin hp itu, Ingin Komputer baru, Ingin ganti Motor.. Dan lain sebagainya..
Mari kita bersama paduli..
walau sekecil apapun.. dengan Do'a..

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar