Minggu, 30 Oktober 2011

Kuliah di Standford University

          Bukan sesuatu yang asing lagi bagi kita kalangan mahasiswa atau akademisi akan nama kampus terkenal seperti Standford University. Tidak hanya sekedar populer, tapi memang inilah salah satu Uniersitas terbaik di dunia. tak terhitung lagi banyaknya dari kita yang berkeinginan besar untuk bisa belajar di sana. Mungkin saja, nama-nama seperti Stanford, Harvard, oxford, MIT-lah yang menghiasi setiap lembar cita-cita kita. tentu saja bukan sekedar masalah nama dan gengsi, akan tetapi memang disanalah kebanyakan ilmu pengetahuan berkembang (untuk saat ini paling tidak). Diakui atau tidak memang pusat perkembangan peradaban saat ini sedang berada di-'sana'. Tokoh-tokoh seperti Steve Jobs, Bill Gates, Malcolm Gladwell, dll. memang lahir disana.
          Tentu untuk sekedar 'duduk' dikelasnya saja, membutuhkan rangkaian tes yang luar biasa ketat dengan kompetisi yang juga tidak mudah. Mungki hanya orang-orang dengan kecerdasan super saja yang bisa kuliah disana. Alhasil banyak orang yang sudah jauh-jauh mengubur impian mereka untuk bisa kuliah di sana. haha.. akan tetapi ada hal yang menarik di sini. Tahukah anda, untuk bisa mendengarkan dan belajar dari sang ahli Steve Jobs, Bill Gates, Malcolm Gladwell dll. bisa kita lakukan di rumah? haa?. Yap.. Perkembangan technology sungguh membawa kebermanfaatan luar biasa. Internet telah menjelma menjadi media belajar yang sangat mudah, dengan sebuah koneksi ini, seseorang dimanapun ia berada, dapat belajar tentang apa saja melalui koneksi ini. Jangan salah, Tulisan-tulisan dan pengetahuan bisa jadi lahir dari sebuh desa kecil melalui internet.
           Mendengarkan pidato atau wejangan dari tokoh-tokoh dunia seperti Malcolm Gladwell, Steve Jobs dll. sekarang bisa dilakukan di rumah, bahkan kita bisa melihat mereka yang sedang berpidato atau rekaman Kuliah kemaren siang di Stanford. so.. untuk belajar dari ahlinya sekarang bisa kita lakukan dimana saja dan kapan saja dengan koneksi ini, Internet. Anda dapat membaca tulisan inipun juga berkat adanya internet, sungguh bermanfaat, so let's give thanks to J.C.R Licklider dari MIT (Massachuet Institute of Technology) yang telah menemukan Internet pada tahun 1962.
          Tentu situs pendukung turunannya tidak boleh kita lupakan, adalah google dan youtube yang sekarang bisa menjadi sumber pencari bahan kuliah kita, Apapun Jurusan kita, Apapun pekerjaan kita, dan lebih jauh lagi apapun yang kita ingin dengarkan, mulai dari masalah halal dan haram, sampai bagaimana teknik presentasi yang baik. Tentu Google dan Youtube bukanlah sumber utamanya, mereka 'hanyalah' perantara ilmu. tapi sunguh perantara yang luar biasa. Sekarang, dengaan teknology speerti ini kita bisa mendapatkan ilmu apapun, dari tokoh manapun yang kita inginkan. Ekstremnya, kita bisa liat SteveJobs Presentasi di kamar kita, atau Bill gates yang berbicara tentang technology mutakhir sambil kita makan. Semua lewat internet.
          Back to Stanford, silakan kunjungi Channels Ctandford di youtube, dan anda akan mendapatkan berbagai macam topik kuliah yang disampaikan ahli-ahlinya, kalau tidak begitu jelas dengan Englishnya, anda bisa memunculkan juga subitlenya, Bahkan anda bisa merubahnya ke bahasa indonesia jika anda mau. Muda kan?. dan tentu saja menyenangkan, karena Kuliah kelas dunia ini dapat anda nikamati di laptop anda, Pidato kelas dunia ini dapat anda dengarkan di kamar anda. sungguh menyenangkan untuk memenuhi rasa ingin tau kita. tentu saja hal ini tidak sepenuhnya sama atau dapat menggantikan pengalaman kuliah beneran di Universitas-universitas itu. tentu saja jauh lebih banyak yang bisa didapatkan dengan langsung kuliah di sana, tapi paling tidak. hal ini telah membawa kebermanfaatan yang besar, karena ilmu pengetahuan bisa diakses oleh siapa saja. lets thanks to them, the inventor of technology!
            Berikut saya sertakan salah satu situs yang menyediakan berbagai Kulaih yang bagi saya sangat menarik, salah satunya adalah "TED talks". Menyenangkan kita bisa belajar secara langsung saat penemuan itu sendiri ditemukan, berada di garda terdepan perkembangan ilmu pengetahuan.

 "TED Talks"   www.ted.com
 Harvard Channels on Youtube http://www.youtube.com/user/Harvard
 Harvard Business Schol Review http://www.youtube.com/user/HarvardBusiness?feature=chclk
 Standford Channels on Youtube  http://www.youtube.com/user/StanfordUniversity
 MIT (Massachusetts Institute of Technology)  http://www.youtube.com/user/MIT

Selamat menikmati kuliah dari ahlinya! Semoga bermanfaat,
Alhamdulillahirrobbil'alamin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar